Sosialisasi Pencegahan Ca Cervix dan Screenning Ca Cervix dengan metode IVA Test

Kanker Serviks (leher Rahim) merupakan jenis kanker terbanyak  (setelah Kanker Payudara)  yang dijumpai pada wanita diseluruh dunia dan merupakan penyebab utama kematian di banyak Negara berkembang. Kanker serviks biasanya dapat diobati dengan berhasil ketika ditemukan sejak awal (dini). Agar bisa ditemukan secara dini diperlukan pemeriksaan skrining berupa tes Pap smear atau IVA.

Dalam rangka pencegahan Ca Cervic, di puskesmas ngemplak I pada tanggal 13 april 2017 melakukan screening ca cervic menggunakan metode iva test dengan sasaran 200 wanita  usia subur . kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan dihadiri  oleh wakil bupati Sleman Dra. Hj. SRI MUSLIMATUN, M.Kes.

Kegiatan screening iva test ini bekerja sama dengan puskesmas pakem, ngemplak ii, kalasan dan cangkringan . meniurut dr Laili SpOG IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat3-5%. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatife dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.  Marilah kita cegah Ca Cervic Dengan Perilaku CERDIK. (by : Evyta Nurmalitasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *